Sabtu, 10 November 2012

TERBARU



Penghidup lampu jalan raya otomatis

Lampu yang ada pada jalan raya begitu banyak sampai sulit untuk menghitungnya. Pemasangan lampu yang  banyak pasti memerlukan banyak biaya, apalagi akan lebih bayak biaya apabila setiap lampu dipasangi menggunakan saklar. Karena juga menambah gaji para petugas jalan raya.

Kami melakukan terobosan baru yang akan memudahkan itu semua sehingga tidak perlu ada petugas yang menyalakan lampu pada jalan raya.
Dengan memanfaatkan sensor LDR dan dibantu dengan pengoperasian mikrokontroler akan membuat lampu- lampu pada jalan raya akan hidup otomatis pada malam hari (waktu yang gelap).

Alat :
-arduino
-ldr
-led
-kabel
-resistor 330R
-perlengkapan miniatur 


4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Alat ini menggunakan arduino, apa kelebihannya dengan menggunakan arduino dibanding dengan menggunakan Relay + transistor + LDR saja? apa biaya produksinya tidak tambah mahal?

    by: Christian Adhy/111113001

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara penyambungan lampu ke Arduinonya, secara lampunya kan banyak dan pin arduinonya terbatas apakah diseri atau diparalel gitu, baru masuk arduino?

    Martin Baktiar Adi Setiawan (Mekatronika_111113039)

    BalasHapus
  4. Demi menghemat listrik, di jalan-jalan yang sepi, maka tidak lagi lampu jalan harus hidup otomatis ketika malam hari dan padam otomatis ketika di siang hari, tetapi ditambah lagi dengan hanya hidup bila ada orang/mobil melaluinya di malam hari. Jadi ketika tidak ada orang/mobil melaluinya, maka semua lampu padam, sekalipun waktu itu malam hari. Begitu pula ketika ada orang/mobil yang melaluinya, kalau saat itu siang hari, maka lampu tetap padam. Tentu dalam hal ini, perlu ditambah dengan sensor lain, seperti sensor gerakan, selain sensor cahaya.

    BalasHapus

masukkan comment